Wednesday 13 March 2013

Wisata Taman Nasional Kerinci Seblat



Wisata Taman Nasional Kerinci Seblat merupakan salah satu objek wisata populer di Sumatra, letaknya itu membentang seluas 13.750 km persegi, menyebar di beberapa provinsi di Sumatra, antara lain Sumatera Barat, Jambi, Bengkulu dan Sumatera Selatan. Mengapa letaknya seluas itu ? Karena memang wisata ini merupakan gabungan dari beberapa cagar alam yang berada di provinsi-provinsi tersebut. Nah, buat kamu yang ingin menjelajahi alam dan menikmati keindahan cagar alam Sumatra, objek wisata ini sangat pas untuk dikunjungi.



Objek wisata ini ternyata terdiri dari Pegunungan Barisan, yang mana merupakan dataran paling tinggi di Pulau Sumatra, tak hanya itu, ternyata cagar alam yang luas ini juga memiliki beberapa mata air panas, sungai yang aliran nya cukup deras, beberapa air terjun, gua gua, dan termasuk gunung tujuh yang merupakan gunung tertinggi di Asia Tenggara. Hanya itu saja ? Tentu bukan, cagar alam juga termasuk sebuah ekosistem, oleh karena itu di dalam nya terdapat berbagai spesies flora dan fauna, dan menurut penelitian dan pengamatan yang sudah dilakukan, di Wisata Taman Nasional Kerinci Seblat ini terdapat 4.000 spesies flora (tumbuhan) termasuk spesies langka seperti Bunga terbesar di Dunia "Raflessia Arnoldi" , dan Bunga Titan Arum sebagai bunga tertinggi di Dunia.

Selain itu, Cagar Alam alam ini juga dilengkapi beberapa hewan khas sumatra dan beberapa hewan langka seperti Harimau Sumatera, Badak Sumatera, Gajah Sumatera, Macan Dahan, Tapir Melayu, Beruang Madu dan disini juga ada spesies burung yang sangat banyak total ada  370 spesies burung di Wisata Taman Kerinci Seblat ini. Karena kaya akan spesies fauna dan flora yang langka, juga keindahan alam yang tinggi, akhirnya Taman Nasional Kerinci Seblat dijadikan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO.

Sebenarnya yang membuat Wisata Taman Nasional Kerinci Seblat ini membentang luas di berbagai Provinsi adalah karena merupakan gabungan dari berbagai cagar alam seperti cagar Alam Inderapura dan Bukit Tapan, Suaka  Margasatwa Rawasa Huku Lakitan-Bukit Kayu embun dan Gedang Seblat. Tak Heran jika didalamnya terdapat berbagai Jenis Flora dan Fauna langka juga berbagai macam spesies burung. Nah, apakah anda tertarik untuk berkunjung ke Objek Wisata di Sumatra ini ? Jika anda Seorang Pencinta Alam, cobalah untuk menghabiskan waktu liburan anda di Taman Nasional Kerinci Seblat ini, karena dijamin anda akan mendapatkan pengalaman menjelajah alam yang besar.

No comments:

Post a Comment