Monday 11 March 2013

Wisata Kampung Budaya Sindangbarang



Bogor adalah salah satu wiayah Jawa Barat yang memiliki Objek Wisata yang cukup banyak termasuk Wisata Kampung Budaya Sindangbarang, sebuah objek wisata yang memang disediakan untuk dikunjungi dan dijadikan sebagai tempat menginap para wisatawan yang ingin menghabiskan liburan nya di kampung Budaya ini. Sebenar nya kampung ini adalah kampung tertua yang ada di Bogor, dan karena adat istiadat dan kebudayaan nya yang kekal, juga keasrian kampung nya, maka Tempat ini dijadikan sebagai Objek Wisata 'alami' oleh pemerintah Kota Bogor.



Bangunan-bangunan warga Kampung Sindangbarang ini terdiri dari bangunan-bangunan tradisional yang amat menarik, dibawah nya terdapat hamparan sawah berwarna hijau dan kuning yang akan memanjakan mata anda. Kebanyakan bangunan bangunan tersebut adalah bangunan tradisional Khas Sunda, berbagai nama bangunan yang mungkin asing ditelinga anda Bale Ruingan (Aula), kemudian ada Imah Gede (Tempat tinggal Pimpinan Kampung) juga ada tempat pementasan seni yang bernama Saung Talu. Bahkan ada juga beberapa Rumah Panggung yang masih berdiri kokoh di Kampung Wisata ini.

Di Wisata Kampung Budaya Sindangbarang ini anda akan merasakan kesejukan suasana kampung tradisional yang hijau, tanpa ada nya polusi kendaraan, tanpa suara gemuruh pabrik, yang ada hanya lah semilir angin dan bunyi-bunyian alat musik tradisional khas Kampung ini. Selain itu, bunyi beriakan air yang khas, juga ikut menemani waktu berlibur anda di objek wisata Tradisional ini. Ditambah lagi, sikap ramah yang ditunjukan oleh warga Kampung.

Jika anda berkunjung ke tempat ini, anda akan diajak mengenal lebih dekat kebudayaan apa saja yang ada di Kampung tertua di Bogor ini, termasuk juga pementasan seni nya, kebiasaan masyarakat, adat istiadat, kebudayaan, juga seni kerajinan tangan tradisional khas Kampung Sindangbarang.

Bagi anda yang ingin menginap di Wisata Kampung Tradisional ini, ada beberapa paket penawaran yang ditawarkan oleh pengelola Wisata ini, mulai dari paket 4 orang seharga Rp. 800.000 dan enam orang seharga 1.200.000. Paket tersebut sudah termasuk konsumsi 3 kali, dan kegiatan yang biasa ditujukan untuk wisatawan. Menurut kami, paket tersebut cukup murah, karena penginapan yang akan anda tempati adalah penginapan tradisional Rumah panggung, dengan pelayanan ramah, dan fasilitas yang memadai.

Kalau berminat, anda bisa menggunakan kendaraan Pribadi karena Wisata Kampung Budaya Sindangbarang ini terletak jauh dari jalan raya, tepatnya di di Jalan E.Sukmawijaya Desa Pasir Eurih Kecamatan Tamansari Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Bagaimana ? tertarik ?

No comments:

Post a Comment