Friday 29 March 2013

Wisata Taman Narmada Lombok

Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat memang merupakan salah satu pulau yang memiliki banyak objek wisata alam, mulai dari pantai, taman, budaya, gunung dan termasuk wisata taman narmada lombok yang terkenal dengan keindahan taman serta kolamnya. Taman Narmada ini terletak di Desa Lembuak, Kecamatan Narmada, Lombok Tengah, letaknya sekitar 10 kilometer dari Kota Mataram dan menyajikan pemandangan yang begitu menarik, jika dilihat Taman Narmada ini memiliki kemiripan dengan Taman Soekasada Ujung Karangasem yang ada di Bali.



Benar saja, ternyata Taman Narmada ini dulunya didirikan oleh Raja Anak Agung Ngurah Karangasem yang merupakan Raja Kerajaan Karangasem, tak heran jika bangunan dan kolamnya memiliki kemiripan dengan Taman Soekasada Ujung, Karangasem, Bali. Raja Anak Agung Ngurah Karangasem mendirikan taman narmada ini dengan bertujuan untuk melakukan upacara Pakelem, sebuah upacara yang dilakukan saat bulan purnama kelima ditahun caka atau dalam bulan masehi yaitu bulan Oktober - November.

Wisata Taman Narmada Lombok ini terdiri dari taman, kolam, dan juga mata air yang memang asli berasal dari gunung rinjani, masyarakat menamai mata air tersebut sebagai mata air awet muda. Taman Narmada ini juga dulunya digunakan sebagai tempat beristirahat oleh para keluarga kerajaan, karena memang udara di Taman ini sejuk, dan segar mengingat cuaca di lombok cukup panas. Untuk itu juga didirikan beberapa 'sekepat' di Taman Narmada ini.

Nah, berbicara mengenai tiket Wisata Taman Narmada Lombok ini memang cukup murah, untuk para wisatawan lokal hanya membayar sebesar 4000 rupiah saja, dan untuk wisatawan asing akan dikenai harga Rp. 10.000. Nah karena tiketnya yang murah, maka tak heran jika banyak wisatawan yang datang berkunjung ke Taman Narmada ini.

No comments:

Post a Comment