Thursday 14 March 2013

Wisata Kebun Binatang Rangunan Jakarta



Objek wisata selanjutnya adalah Wisata Kebun Binatang Rangunan Jakarta yang merupakan salah satu wisata yang terkenal di Ibu Kota Indonesia ini. Munkgin bagi para penduduk kota Jakarta sudah bosan untuk berkunjung ke Objek Wisata yang letaknya di  Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Indonesia ini, namun ternyata ada banyak hal yang bisa dilakukan di Kebun Binatang ini yang tidak diketahui oleh masyarakat sekitar. Nah, apa saja sih kegiatan itu ? Dan bagaimana sejarah Kebun Binatang Rangunan ini ?



Kebun Binatang Rangunan adalah kebun binatang yang sangat luas, luas nya adalah 140 hektar, dan lahan seluas itu ditempati oleh 295 spesies dan 4040 spesimen fauna (hewan). Kebun Binatang yang letaknya di Rangunan, Pasar Minggu ini ternyata sudah didirikan sejak tahun 1864. Nah, yang lebih mengejutkan lagi adalah, ketika zaman sedang maraknya penyakit Flu Burung, dikarenakan ada hewan yang terkena Flu Burung, maka Kebun Binatang ini sempat di tutup selama 3 minggu yaitu sejak 19 September 2005 sampai 11 Oktober 2005.

Perlu diketahui, ketika pertama kali berdiri, Kebun Binatang ini dinamai 'Planten En Dierentuin' yang berarti Tanaman dan Kebun Binatang dan dahulu luasnya hanya 10 hektar saja letaknya di Cikini, Jakarta Pusat. Kebun Binatang ini ternyata adalah pemberian seorang pelukis ternama bernama Raden Saleh, dan kala itu dikelola oleh himpunan pencinta flora dan fauna yang bernama Culturule Vereniging Planten en Dierentuin at Batavia.

Nah, Pada tahun 1964 nama kebun binatang tersebut akhirnya dirubah menjadi Kebun Binatang Cikini, dan kemudian pada tahun 1969 pindah ke kawasan Rangunan hingga saat ini. Pada tahun 1964, kebun raya ini mendapat hibahan berupa tanah seluas 30 hektar kepada kebun binatang ini, dan tahun 1966 diresmikan oleh Gubernur DKI Ali Sadikin dengan nama Taman Margasatwa Rangunan pada tanggal  22 Juni 1966.

Nah, ada berbagai macam kegiatan sehat yang bisa anda lakukan di Wisata Kebun Raya Rangunan Jakarta ini, salah satunya adalah berjalan kaki mengelilingi kebun binatang yang luas nya 140 hektar ini, selain itu anda juga bisa menjadi lebih sehat dengan menghirup udara alami yang ada di Kebun raya Rangunan ini.

Bagi anda yang mengajak buah hati anda kesini, disini juga ada wahana bermain seperti Bom Bom Car dan ATV mini untuk anak anak. Selain itu, pengunjung juga bisa menaiki sepeda keliling Danau yang ada di Kebun Binatang ini. Wisata Kebun Binatang Rangunan Jakarta ini sangat pas mengisi hari libur anda.

No comments:

Post a Comment