Friday 29 March 2013

Wisata Populer di Tana Toraja

Indonesia adalah negara yang kaya akan warisan seni dan budaya nya, bahkan hampir di semua wilayah atau provinsi yang ada di Indonesia memiliki Budaya dan Seni yang berbeda beda, nah salah satu nya adalah Kabupaten Tana Toraja, sebuah wilayah di Sulawesi Utara yang menyimpan begitu banyak warisan seni dan budaya nya, karena itulah Kabupaten ini menjadi tujuang para wisatawan budaya yang ingin melihat budaya dan seni daerah tersebut. Beberapa daerah di tana toraja pun akhirnya menjadi objek wisata budaya dan berikut adalah Wisata Populer di Tana Toraja yang telah kami rangkum untuk anda.



1. Pallawa
Pallawa adalah sebuah rumah adat suku Tana Toraja yang mana dibangun dengan susunan bambu kemudian atapnya berbentuk seperti lengkungan perahu, rumah adat tersebut memiliki 2 fungsi yaitu dapur dan kamar tidur. Kemudian dibagian depan nya terdapat susunan tanduk kerbau yang telah disusun rapi. Pallawa ini memang memiliki daya tarik tersendiri, banyak hal seni dan budaya yang tersimpan dalam rumah adat suku tana toraja, tak heran jika wisatawan menjadikan Pallawa sebagai salah satu tujuan mereka berkunjung ke Sulawesi Utara. Letaknya di 12 Km ke arah utara dari Rantepao.

2. Londa
Kemudian wisata populer di tana toraja yang kedua adalah Londa, yaitu sebuah pemakaman khas penduduk tana toraja, dimana makam-makam tersebut diletakkan di dinding tebing berupa gua. Makam - makam tersebut kemudian disusun rapi sesuai dengan garis keturunan si jenazah. Ingin melihat pemakaman ini ? Tenang saja, letaknya di Desa Sendan Uai, Kecamatan Sanggalai, sekitar 5 Km ke arah selatan dari Rantepao, Tana Toraja..

3. Batu Tumonga 
Nah, Wisata Populer di Tana Toraja yang terakhir adalah Batu Tumonga, dimana dalam objek wisata ini anda akan menjumpai Batu Menhir dalam sebanyak 56 buah dalam satu lingkaran dan di dalam lingkaran tersebut terdapat 4 buah pohon. Nah, yang menarik adalah karena letaknya yang berada diketinggian 1300m diatas permukaan laut maka anda akan bisa menyaksikan keindahan Rantepao dan lembah sekitarnya, 

1 comment:

  1. sorry mau meluruskan sedikit infonya. tana toraja adanya di sulawesi selatan, bukan sulawesi utara. dan objek ke-3 (batu menhir) itu ada di bori, bukan di batutumonga. batutumonga sendiri adalah objek wisata alam, bisa liat pemandangan, persawahan, kota rantepao karena letaknya di atas gunung. sebenarnya masih ada banyak objek wisata di toraja. silahkan datang ke toraja untuk menyaksikan langsung keindahan dan keunikannya :)

    ReplyDelete